Sejarah sepak bola

Sejarah Sepak Bola Di Dunia dan Indonesia Lengkap

Macbethfund – Salah satu olaharaga yang sangat populer di Indonesia adalah sepak bola, dari mulai orang dewasa sampai anak kecil bermain sepak bola, bahkan saking populernya sepak bola anak-anak tidak main di lapangan tetapi di jalan.

Jika ada pertandingan sepak bola di stadion pastinya banyak orang yang datang berbondong-bondong untuk menonton. Buat yang jauh atau tidak sempat nonton, banyak yang menontonnya di televisi dan hp milik masing-masing. Namun, apakah kamu tahu bagaimana sejarah sepak bola di dunia? Berikut penjelasannya.

Sejarah Sepak Bola Di Dunia

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan oleh 11 pemain per tim dan memiliki cadangan, untuk memenangkan pertandingan para pemain harus menyerang untuk memasukkan bola ke gawang dan bertahan agar gawang tidak kebobolan. Waktu permainan sepak bola totalnya adalah 90 menit dan dibagi ke dalam 2 babak, menjadi 45 menit per babaknya.

Untuk sejarah awal permainan sepak bola ini ada 2 pendapat dari ahli sejarah, pendapat pertama yaitu sepak bola pertama kali diperkenalkan dengan nama episkyros dari Romawi Kuno, dan ada juga yang bilang berasal dari China.

Pada jaman dahulu, pada masa Dinasti Tsin di China sudah ada permainan tradisional yang bernama T’su Chu yang akan menjadi awal penciptaan sepak bola. Karena T’su Chu merupakan permainan yang menggunakan bola dengan tujuan memasukkannya ke dalam jaring (gawang).

Setelah itu sepak bola masuk ke Inggris pada masa kepemimpinan Raja Edward 3, namun masih banyak yang memainkannya dengan kekerasan sehingga dilarang oleh raja, namun setelah 5 tahun sepak bola kembali boleh untuk dimainkan. Di tahun 1572 Ratu Elizabeth 1 juga sempat melarang adanya permainan sepak bola, dan kembali dicabut larangannya oleh Raja Charless 2 di tahun 1680.

Selanjutnya olahraga sepak bola semakin berkembang dan banyak peminatnya. Sebelumnya adanya FIFA, di tahun 1863 Inggris telah membentuk asosiasi sepak bolanya sendiri, baru pada tahun 1904 dibentuklah FIFA. Pada awalnya FIFA hanya beranggotakan Prancis, Belanda, Swedia, Spanyol, dan Swiss, namun sekarang sudah lebih dari 209 negara yang terdaftar.

Sejarah Sepak Bola Di Indonesia

Sejarah sepak bola masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda di abad ke 19. Sepak bola disebarkan oleh para pedagang yang datang dari China, pada masa itu banyak sekali club sepak bola yang dibuat oleh orang China yang datang ke Indonesia. Salah satu club yang terkenal pada masa itu adalah UMS Jakarta dan Surabaya.

Karena semakin populer dan berkembangnya olahraga sepak bola, di tanggal 19 April 1930 dibentuklah sebuah asosiasi untuk menaungi club-club tersebut yang diberi nama PSSI di Yogyakarta. Sejarah sepak bola di Indonesia tidak lepas dari peran Soeratin Sosrosoegondo, sehingga nama beliau dijadikan sebuah turnamen di Indonesia (Soeratin Cup).

Setelah itu, pada tahun 1938 Indonesia berhasil masuk ke piala dunia namun sayangnya pada saat Indonesia bertanding masih menggunakan bendara NIVU (Belanda). Setelah itu sepak bola di Indonesia semakin berkembang, dibentuk lah perlombaan club sepak bola di seluruh Indonesia yang diberi nama Liga Super Indonesia, saat itu juga mulai dibentuk tim yang beragam, dari mulai sepak bola wanita sampai sepak bola umur U-15 sampai U-23.

Itu dia sejarah sepak bola lengkap di dunia dan Indonesia.