Teknik dasar sepak bola

Teknik Dasar Sepak Bola

Halo semuanya, pada hari ini situs slot online uang asli akan membahas mengenai artikel teknik dasar sepak bola. Permainan sepak bola mempunyai berbagai macam peraturan dan teknik dasar.

Peraturan-Peraturan Sepak Bola

Secara singkat, ada beberapa peraturan sepak bola yang harus dipenuhi sebelum kita memulai pertandingan, yaitu jumlah pemain, luas lapangan pertandingan, ukuran dan jenis bola, waktu pertandingan, pelanggaran, dan lainnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Ukuran lapangan

Untuk ukuran standar lapangan sepak bola adalah lapangan memiliki ukuran panjang 100 – 120 meter dan lebar 65 – 75 meter.

2. Ukuran Gawang

Selain ukuran lapangan, ukuran gawang juga harus sesuai dengan standar yang berlaku, yaitu memiliki lebar 7,32 meter dengan tinggi 2,44 meter.

3. Area Penalti

Tempat untuk melakukan tendangan penalti harus berjarak 16,5 meter dari depan gawang. Di daerah tersebut lah kiper diperbolehkan menggunakan tangan.

4. Jumlah Pemain

Jumlah pemain untuk melakukan pertandingan sepak bola harus 11 per tim. 11 orang tersebut sudah terdiri dari, kiper, permain bertahan atau bek, pemain tengah atau gelandang, dan striker atau penyerang. Diantara 11 orang tersebut harus ada yang menjadi kapten tim untuk mengatur strategi tim dan melakukan koordinasi kepada pemain lainnya.

Semua pemain juga harus menggunakan jersey, celana, kaos kaki, deker atau pelindung tulang, dan sepatu sepak bola.

5. Waktu Pertandingan

Lama pertandingan sepak bola secara keseluruhan adalah 90 menit, pertandingan tersebut dibagi menjadi 2 babak, masing-masing babak mempunyai waktu 45 menit ditambah beberapa menit tambahan waktu.

6. Bola

Bola yang digunakan harus bola khusus yang standar dengan aturan sepak bola, yaitu berbahan kulit.

7. Wasit

Wasit bertugas untuk mengatur jalannya pertandingan, wasit bisa memberikan kartu kuning atau kartu merah ketika terjadi pelanggaran. Wasit yang memimpin jalannya pertandingan sepak bola harus bersifat adil. Wasit dibantu dengan 2 hakim garis yang bertugas untuk melihat bola keluar dan mengangkat bendera ketika pemain offside.

Teknik Dasar Sepak Bola

Setelah kamu mengetahui 7 peraturan dasar permainan sepak bola, kamu juga harus mengetahui teknik-teknik dasar permainan sepak bola seperti berikut ini.

1. Dribble atau Menggiring Bola

Teknik dasar dribble harus dikuasai oleh kamu sebelum melakukan permainan sepak bola. Kamu harus bisa mengontrol bola yang sedang kamu bawa untuk nantinya diumpan ataupun di tendang langsung.

Jika kamu belum menguasai skill dribble maka ketika kamu sedang membawa bola akan panik dan mudah sekali terebut dengan pemain lain. Teknik dribble pun dibagi menjadi 5 macam, yaitu:

  • Speed Dribbling
  • Closed Dribbling
  • Dribble dengan punggung kaki
  • Dribble dengan kaki bagian dalam
  • Menggiring dengan kaki bagian luar

2. Passing atau Mengoper Bola

Untuk bisa melakukan umpan dan operan yang tepat, kamu harus paham dulu dengan teknik passing. Passing ini sangat berguna untuk membuka pertahanan musuh secara perlahan, hingga terjadinya proses gol. Teknik passing juga memiliki jenisnya, ada passing pendek dan panjang, through pass, dan umpan lambung.

3. Shooting atau Menendang Bola

Setelah kamu bisa melakukan dribble dan passing, maka kamu harus melatih diri untuk bisa melakukan shooting. Teknik menendang bola ini akan berguna untuk mencetak gol ketika sudah berada di daerah pertahanan lawan. Teknik menendang bisa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, atau punggung kaki.

4. Heading atau Menyundul Bola

Teknik ini berguna ketika kamu ingin mengumpan, menahan, atau membobol gawang musuh dengan bola yang datang dari ketinggian. Agar teknik heading bisa berjalan denan benar, kamu harus melatih posisi badan, timing lompatan, dan posisi kepala yang tepat. Agar bola dapat terarah sesuai dengan keinginanmu, maka sundul lah bola dengan menggunakan dahi atau jidat.

5. Teknik Menghentikan Bola

Teknik ini berguna ketika kamu menerima umpan atau operan dari pemain lainnya. Agar bola tersebut dapat kamu kuasai dan tidak terebut dengan pemain lawan, maka kamu harus bisa melakukan teknik menghentikan bola dengan benar. Untuk melakukan teknik ini ada beberapa cara, kamu bisa menggunakan kaki, dada, dan paha.