Makanan Khas India

Makanan Khas India

Makanan khas India –┬áMakanan khas India memang sejak lama dikenal enak-enak. Faktor yang membuatnya enak adalah kekayaan rempah yang dicampurkan dalam proses pengolahannya. Mulai dari cengkeh, kapulaga, jahe, jinten, merica hitam, hingga pala dan biji mustard.

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika saat berkunjung ke negeri ini Kamu melewatkan diri untuk menyantap berbagai makanan asli India

Makanan Tradisional Khas India

Tentu saja, jika dijabarkan semua, sangat banyak makanan yang khas di India. Namun, untuk membantumu yang ingin praktis, Kamu coba sajikan daftar makanan khas India yang bisa Kamu coba cari dan cicipi.

Berikut daftarnya:

1. Dosa

Namanya jelas unik. Namun tenang, ini bukan makanan yang jika dimakan akan membuat pengonsumsinya mendapatkan dosa.

Dosa ini adalah sejenis makanan yang persis dengan lekker crepes. Jika Kamu familiar dengan crepes, maka Kamu bisa menduga bahwa benar makanan ini memiliki tekstur yang garing dan renyah jika Kamu gigit. Orang India biasanya memakan ini untuk sarapan serta santap malam.

2. Nasi Biryani

Apabila Indonesia terkenal dengan nasi gorengnya, maka India populer dengan nasi biryani. Meski tentu saja dengan bumbu dan rempah yang berbeda dengan nasi goreng yang sering Kamu makan.

Cara mengolahnya adalah dengan terlebih dulu merebus beras yang dibiarkan polos tanpa bumbu, lalu ketika setengah matang dicampurkan ke dalamnya berbagai bumbu khas India dan direbus lagi hingga matang. Kamu bisa menjadikan ini sebagai makanan berat tentunya.

3. Laddu

Selain makanan yang gurih-gurih, India juga punya kue khas India yang bernama laddu. Kue yang cita rasanya manis ini merupakan olahan tepung gandum yang teksturnya kasar dan gula dengan bentuk bulat.

Salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah kue ini diolesi terlebih dahulu dengan mentega khas India yang disebut ghee. Dalam berbagai perhelatan besar seperti Idul Fitri, kuliner yang satu akan sangat mudah ditemukan.

4. Naan

Naan adalah roti asli dari India yang dibuat dengan cara yang sangat tradisional. Yakni diolah dengan sejenis oven yang berbahan dasar tanah liat.

Ada berbagai jenis naan yang dibuat dan dijual di India. Mulai dari naan original dan naan yang ditambahkan bahan lain agar rasanya lebih renyah dan krispi ketika dimakan.

5. Celebi

Apabila Kamu suka permen yang manis-manis, Kamu bisa cari celebi. Ini adalah permen asli India yang pastinya akan sulit Kamu temu di Indonesia.

Permen ini berbahan dasar tepung yang diolah bentuknya menjadi melingkar sebelum digoreng. Setelah itu, olahan ini di rendam di dalam wadah yang berisi sirup gula sampai warnanya menjadi mengkilap sebagaimana permen yang sering Kamu makan.

6. Samosa

Samosa merupakan cemilan yang secara sekilas Kamu memgira ini adalah pastel khas Indonesia dari sisi teksturnya. Namun, bentuk samosa biasanya segitiga.

Sebagaimana pastel, makanan ini punya rasa yang renyah serta gurih. Meski dalam perkembangannya disajikan dengan berbagai rasa yang bisa dijadikan pilihan. Sebenarnya, Kamu yang penasaran bisa mencobanya karena tersedia di beberapa restoran Internasional.

7. Ayam Tandoori

Orang Indonesia pasti sangat akrab dengan olahan ayam. Namun tak ada salahnya mencoba ayam tandoori yang rasanya tak kalah lezat.

Proses membuatnya adalah dengan teknik tandoori. Yakni dengan memanggang ayam di oven khusus dengan suhu hingga 300 derajat celcius. Banyak bumbu dan rempah yang dimasukkan ke dalam kuliner ini sehingga wajar rasanya enak.

Demikianlah 7 makanan khas India yang bisa Macbethfund bagikan. Selamat mencoba ya!