Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak

Macbethfund – Siapa yang tidak familiar dengan buah Sirsak? Ternyata sirsak (Annona muricata) merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Ia memiliki banyak nama lain, termasuk guanábana, graviola, anona, dan sirsak. Sebagai anggota genus Annona tanaman berbunga, kerabatnya yang paling dikenal orang Amerika adalah pawpaw.

Sirsak adalah buah yang tampaknya sedikit aneh sebab akan memberi Anda gambaran tentang buah yang runcing, yang beratnya bisa mencapai 1 – 2 kg. Memotong kulitnya yang hijau akan menunjukkan daging putih dengan konsistensi yang mirip dengan ikan yang dimasak, juga barisan biji gelap yang tidak bisa dimakan. Meskipun begitu, daun buah ini dipercaya sebagian masyarakat sebagai obat yang berkhasiat, lho.

Salah satunya untuk mengobati penyakit Fibromyalgia, yaitu penyakit gangguan kronis yang ditandai dengan nyeri pada otot-otot yang meluas disertai kelelahan, masalah tidur, ingatan, dan suasana hati.

Dibuktikan dari Sebuah Penelitian

Para peneliti dari Departemen Farmakologi di Universitas Seville baru-baru ini menerbitkan sebuah penelitian di mana mereka menyatakan bahwa diet yang dilengkapi dengan ekstrak air daun Annona muricata L. atau daun sirsak dapat mencegah gejala yang terkait dengan fibromyalgia, sehingga meningkatkan kehidupan pasien yang memiliki gejala ini.

Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dengan menggunakan 60 ekor tikus betina berumur lima minggu di laboratorium Fakultas Farmasi. Hewan dibagi menjadi enam kelompok yang diberi makan suplemen diet standar dengan jumlah berbeda dari tanaman sirsak ini.

Setelah hasil diperoleh oleh para peneliti, langkah selanjutnya adalah melakukan uji klinis dengan pasien, untuk menguatkan aktivitas ekstrak dan menetapkan dosis yang aman dan efektif pada manusia. Studi ini tersedia secara online pada Juni 2018 sebelum publikasi akhir di cetak pada Oktober 2018.

Sebagai Obat Tradisional untuk Penyakit Lain

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan ini juga penting. Daun dari spesies Annona muricata L. berasal dari pohon dengan tinggi antara 4 dan 6 meter, dari famili tumbuhan Annonaceae. Daunnya sederhana, lonjong dan seperti telur atau berbentuk elips dengan panjang antara 5 dan 15 cm. Spesies ini berasal dari daerah tropis Amerika dan sangat melimpah di wilayah Amazon.

Di sana biasanya dibudidayakan untuk penggunaan obat. Daunnya memiliki kegunaan etnomedis yang berbeda menurut negara asalnya. Kegunaan terpenting dalam pengobatan tradisional, yang divalidasi secara ilmiah dalam uji praklinis, adalah untuk peradangan, nyeri, infeksi, diabetes dan bahkan untuk kanker.

Saran Mengonsumsi Daun Sirsak dari Ahli

Seorang pakar bernama Ana María Quilez menginformasikan dari kelompok penelitian Tanaman Obat di Universitas Seville dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak dalam bentuk farmasi dan dalam dosis yang tepat dapat mengurangi rasa sakit kronis, kecemasan dan depresi yang menyertai penyakit ini. Ekstrak ini berasal dari ramuan tradisional menggunakan rebusan.

Jadi berdasarkan keterangan Quilez tadi, untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kesehatan Anda, daun ini bisa Anda konsumsi dengan merebusnya lalu diminum setiap hari atau sesuai dosis tertentu.

Setelah mengetahui fakta bahwa manfaat daun sirsak untuk kesehatan pasien Fibromyalgia, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan daun tanaman yang satu ini sebagai pengobatan alternatif Anda yang alami. Namun, Anda harus mencari tahu dulu dosis yang tepat untuk Anda agar tidak merasakan efek samping daun sirsak yang berlebihan.